Kamis, 15 Maret 2012

TIPS SATRIA FU-150

ini tips yang dikumpulkan dari S2W dan SSFC juga sumber-sumber lain khusus bagi pemilik FU. mudah-mudahan tips ini dapat bermanfaat.
Satria F150 Mati Kalo Panas, Pasang Fan Aja.
Article Date:
Source: S2W – 108

Satria F150 emang enak buat ngebut, gesit di jalan macet dan tarikannya oke lah buat bebek 4 tak. Tapi biasanya pengemudi satria F150 standard dibikin kesel sama tunggangannya sendiri, pada saat mesin udah panas sang satria bisa tiba-tiba aja mati.
Kalau ditelusuri lebih lanjut, kayaknya gejala mati sang satria itu diakibatkan karena Pilot jet standardnya kekecilan. Ukuran pilot jet 12,5 dirasakan jauh sekali untuk memenuhi kebutuhan bensin sang bebek super ini. Minimal satria standard dengan knalpot standard memakai pilot jet ukuran 15. Harga yang dibutuhkan untuk menebus spuyer Samsh ukuran 15 atau shogun ukuran 17,5 asli Suzuki sekitar Rp. 45.000 ,- di Sena motor kebon jeruk 7. Tapi ada solusi lain bagi temen-temen yang biasa bermain di dunia computer
kipas.jpg
. Saya menerapkannya di Si Stratya Satria F150 saya. Dengan kocek tak lebih dari 5 ribu rupiah si Stratya udah bisa diajak maen panas-panasan mesin. Bagai mana bisa? Pasti ada yang punya pertanyaan seperti itu kan?..
Caranya begini?. Kebetulan saya menemukan banyak sekali power supply bekas di kantor yang sudah gak kepake. Dari power supply bekas itu kita ambil kipasnya saja (Gambar 1) ?..dari pada dibuang kan sayang.
Lalu kipas itu saya sambung jadi dua dengan Cable ties dan dipasang persis di depan oil cooler (Gambar 2).
Kabel merah dari kipas saya sambungkan ke saklar kecil, lalu dari saklar saya sambungkan ke kabel orange di batok lampu. Kabel hitam dari kipas saya sambungkan ke bodi motor (atau bisa ke kabel (-) di batok motor) (Gambar 3).
Gampang kan?.kalo jalanan sedang macet yang membuat potensi mesin menjadi panas, saya tinggal nyalakan kipas dengan mengubah posisi saklar menjadi On.
O iya??.untuk membuat kipas oil cooler tidak harus dari kipas power supply computer. Kipas harddisk dan kipas processror juga bisa digunakan (Gambar 4). Hanya jumlahnya mesti disesuaikan dengan kebutuhan angin untuk mendinginkan oil cooler.
Selamat mencoba.
Pravira Notodisurjo
S2W – 108
oh iya ada tambahan lagi buat yang suka show off motornya, bro semua bisa menggunakan fan (kipas) komputer yang ada lampunya, sehingga apabila malam hari bro smua jalan-jalan, motor fu-nya bakal terlihat bling-bling alias bercahaya. pokonya bakal eye catching dehh..
ini fan yang di pasang di motor fu-ku…
dsc00005.jpg
dsc00003.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar